berbagi pengalaman | fotografi | perjalanan | IT

pilih mirrorless atau DSLR?

pilih mirrorless atau DSLR?

yah itu pertanyaan yang pernah diajukan seorang teman kepada saya. saya dengan tegas menanyakan kepada dia terlebih dahulu, kamu beli kamera untuk sekedar dokumentasi atau hobi, ataukah untuk kerja?.  nah kalo melihat esensi pertanyaan saya, saya menekankan pada kegunaan terlebih dahulu, sebab pada dasarnya hasil jepretan kamera sama, yaitu sama-sama berupa digital. tapi kalo melihat dari kebutuhan akan penggunaannya pasti berbeda.

sebagai contoh, saya akan menyarankan teman saya untuk memilih kamera mirorless ketimbang DSLR apabila tujuan dia memiliki kamera adalah sekedar untuk dokumentasi atau sekedar hobi belaka. karena apa? karena menurut saya kamera mirorless lebih ringan dan lebih tidak makan tempat daripada dslr yang gemuk. namun apabila tujuan dia adalah untuk bekerja, saya sarankan untuk memilih kamera DSLR, karena apa? karena kebanyakan client saat ini memandang aneh seseorang ketika menggunakan mirorless untuk bekerja, kesannya seperti main-main. akan terlihat berbeda disaat seseorang bekerja menggunakan kamera DSLR. bisa dibilang akan terlihat lebih greget.

kurang lebih ini ilustrasi mendasar perbedaan mirrorless dan DSLR

prinsip mirrorless dan dslr

prinsip mirrorless dan dslr

jadi pada dasarnya pemilihan mirrorless atau DSLR adalah tentang kita memilih apa yang pantas untuk digunakan dalam kondisi tertentu.

semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply

