berbagi pengalaman | fotografi | perjalanan | IT

satu kalimat yang terlontar di benak saya apabila melihat ada orang membawa kamera dslr. bisa manual gak?. nah pertanyaan ini yang ternyata merujuk penilaian saya kepada seseorang. bagaimanapun juga ketika seseorang menggunakan kamera dslr tapi tidak bisa mengunakan mode manual rasanya seperti percuma, yah meskipun produsen menyertakan mode automatic di kamera dslr tapi menurut saya kurang greget. 

saya tidak akan membahas kontroversi antara manual dan auto itu, tetapi bagaimana memaksimalkan mode manual kamera dengan memahami konsep dasar fotografi seperti: membaca light meter, mengenali bukaan diafragma yang biasanya ditandai dengan f/4 dsb, mengenali penggunaan shutterspeed, dan tidak kalah penting yaitu penggunaan iso.  awalnya saya juga kebingungan dengan konsep dasar itu, ya memang karena selama ini saya belajar trial n error dan banyak-banyak join di grup komunitas pecinta fotografi di facebook.

namun beberapa waktu yang lalu ada seorang member yang membagikan sebuah gambar ilustrasi yang sangat membantu saya dalam mengenali konsep dasar tentang pencahayaan ini. gambar ilustrasi ini menunjukkan bagaimana hal-hal diatas diterapkan pada 2 produsen kamera, yaitu nikon, dan canon.  beruntung ternyata saya masih menyimpannya, dan saya akan membagikannya disini. semoga bermanfaat.

ilustrasi pencahayaan pada kamera

ilustrasi pencahayaan pada kamera

Leave a Reply

