berbagi pengalaman | fotografi | perjalanan | IT

flash external adalah salah satu alat penunjang fotografi yang hukumnya wajib bagi setiap orang yang berkepentingan untuk memotret (kata cak to sih). tapi terlepas dari wajib atau enggaknya setidaknya saya bisa merasakan kegunaan alat yang satu ini. ya saya bersyukur karna waktu itu orang tua saya membelikan satu set lengkap, kamera dslr canon 600d kit II, tripot velbone, dan tentunya flash external yonguo speedlite YN 560-II. nah untuk flash external yang satu ini kira2 sudah sangat mumpuni untuk pemula seperti saya. dengan fitur yang bisa dibilang lebih dari cukup, flash ini baru saya sadari kegunaannya kemaren sore, ketika bermain-main dengan mainan mobil-mobilan masa kecil.

penampakan flash externalku

penampakan flash externalku

ini beberapa contoh hasil jepretan dengan obyek hape galyoung kesayangan, dan mainan masa kecil.

flas dipantulkan ke tembok kiri

flas dipantulkan ke tembok kiri

flas dipantulkan ke tembok kanana

flas dipantulkan ke tembok kanan

flash dipantulkan diatas

flash dipantulkan diatas

hasil diatas adalah hasil coba2 trial n error, sebenarnya banyak juga hasilnya cuman males upload aja. hehe.

sebenarnya ada ilustrasi sederhana tentang bagaimana menggunakan atau arah pantulan cahaya menggunakan flash external yang saya dapatkan dari salah satu grup fotografi yang ada di facebook. ilustrasi ini sangat menjelaskan cara kerja dari flash external.

ilustrasi cara penggunaan flas

ilustrasi cara penggunaan flas

mungkin harus banyak berlatih dan banyakin motret biar hasil lebih maksimal. untuk keterbatasan flas external saya sangat menyarankan untuk memilikinya, tapi kalo belum ada dananya, paling tidak pinjem punya temen dulu aja lah. 😀

semoga bermanfaat

Leave a Reply

