berbagi pengalaman | fotografi | perjalanan | IT

oke kita lanjutkan, setelah sedikit kecewa dengan gagalnya mendapatkan sunrise, kamu pun memutuskan sarapan dan istirahat di warung yang berada di parkiran sembari menunggu kabut turun. kemudian sekitar pukul 07.00 kita putuskan untuk turun ke lautan pasir. sebelumnya kita melewati bukit dengan papan nama bertuliskan bukit gorilla dan tidak jauh dari situ ada bukit cinta, entah kenapa dinamai demikian.

jalanan turun kelautan pasir ini sangat ekstrim, mungkin kalo tidak terbiasa dengan jalan menurun bisa-bisa jatuh terjungkal. namun sukurnya kita berhasil melewatinya tanpa kendala. pada jalan menurun tersebut ada sekelompok orang yang sepertinya sedang melakukan sesi foto untuk pra wedding, membuat hati ini ingin segera melakukannya. tapi perjalanan kita lanjutkan sampai kelautan pasir. disini kita putuskan untuk berfoto terlebih dahulu, dengan memanfaatkan model yang ada yaitu novela, selebihnya hanya foto-foto iseng levitasi dan beberapa foto panorama yang di jepret oleh marwani.

marwani terbang

iseng2 modeling

setelah puas berfoto2 pun perjalanan kami lanjutkan ke ranu pani. ranu pani adalah pos pertama untuk pendakian menuju gunung semeru. nah di ranu pani ini terdapat dua danau. yaitu ranu pani dan ranu regulo. untuk mencapai kesana kita hanya cukup untuk memutari gunung bromo, melawati lautan pasir ini cukup menantang, karena apabila motor kita tidak dapat tekanan kepasir ban kita bisa selip. saat dirasa lautan pasir akan kita lewati, terlihatlah gundukan bukit yang menyerupai di film teletubbies, maka dari itu bukit itu dijuluki bukit teletubbies, tapi sayangnya saya tidak sempat mengabadikan bukit itu.

perjalanan kita lanjutkan dengan tanjakan lagi, namun kali ini dengan jalanan yang rusak, hingga kita sampai pada pos pintu masuk taman nasional bromo tengger semeru ini. kita sempat menunggu yudi yang ternyata miss komunikasi, dia menunggu di bukit teletubies tadi. setelah bertemu yudi perjalanan pun kami lanjutkan melewati jalan beton yang sepertinya mau diaspal karena terdapat material batuan kecil dan aspal panas di pinggir jalan. tak lama kemudian kita sampai di desa ranu pani.

langsung saja kita parkir motor dan melajutkan perjalanan ke ranu regulo dengan berjalan kaki sekitar 1-2 km. perjalanan menuju ranu regulo kita menusuri pinggiran ranu pani. sempat memotret beberapa bunga yang ada di pinggiran ranu pani, tapi sang kapten heru mengajak agar cepet sampai ke ranu regulo. dan akhirnya kita sampai di ranu regulo.

papan lokasiranu regulo

setelah sampai lokasi kita pun sibuk dengan kamera masing-masing. ditempat ini terdapat beberapa kapling area untuk berkemah, jadi sepertinya di area ini memang ditujukan untuk berkemah. mungkin suatu saat saya akan mencoba untuk merasakan sensasi berkemah di sodara ranu kumbolo ini. setelah sekiranya puas kita beristirahat sambil menunggu pukul 12.00. tak lupa untuk foto bersama di ranu yang satu ini

foto bersama di ranu regulo

setelah berfoto, kita langsung kembali ke area parkir dan mampirdi musholla terdekat sebelum kembali ke kota pahlawan. kali ini kita mengambil rute tumpang – malang – singosari- purwodadi – pandaan – porong – sidoarjo – surabaya. hingga akhirnya saya sampai dirumah pukul 16.45. perjalanan ini cukup berkesan hanya saja masih dibaluti rasa kecewa karna gagal melihat sunrise dipenanjakan, namun semua terbayar ketika kita sampai di ranu regulo. demikian yang bisa saya tuliskan, apabila ada kesalahan penulisan dan lain-lain sepertinya memang di sengaja. semoga suatu saat dapat kembali ketempat-tempat ini dengan susana yang lebih menarik lagi.